Sabtu, 4 April 2015 

Bahaya Melamin Untuk Makanan Panas


piring melaminSpektanet.com  – Anda dan keluarga gemar menggunakan peralatan makan dari melamin? Waspadalah! Karena dibalik rupanya yang cantik serta harganya yang terbilang murah, ada bahaya yang mengintai. Apalagi, jika dipakai sebagai wadah makanan panas.

Pasalnya, penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi makanan atau minuman panas dari wadah melamin dapat menyebabkan peningkatan kadar melamin dalam urin.

Para peneliti mengatakan bahwa, meskipun efek melamin pada kesehatan manusia masih tidak jelas, namun tingkat tinggi bahan kimia dalam urin dapat menyebabkan batu ginjal pada anak-anak dan orang dewasa. Demikian pernyataan seperti yang dilansir dari HealthDay.

Penelitian yang dilakukan di Taiwan itu, diujikan pada sejumlah kecil peserta. Sebanyak 12 pria dan wanita diminta untuk makan sup mie yang ditempatkan pada mangkuk panas berbahan melamin. Peneliti kemudian mengumpulkan sampel urin dari para peserta setelah 12 jam.

Selanjutnya, tiga minggu kemudian, para peserta diminta kembali untuk makan sup panas dari mangkuk keramik. Sekali lagi sampel urin mereka diambil dan dianalisis untuk keberadaan melamin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat melamin pada orang setelah makan mie dari mangkuk melamin adalah 8,35 mikrogram, dan hanya sekitar 1,3 mikrogram ketika disajikan dalam mangkuk mie keramik.

“Bagi konsumen, salah satu sumber yang paling umum dari paparan melamin adalah dari dapur termasuk piring, mangkuk, mug, dan sebagainya. Selama ini, bahan melamin dikenal bisa bermigrasi ke dalam makanan,” kata Spaeth, Occupational and Environmental Medicine Center di North Shore University Hospital, Manhasset, New York.

Spaeth mengatakan bahwa orang dapat menurunkan risiko terkena melamin dengan tidak menyimpan makanan di piring melamin dan dengan tidak memanaskan makanan dalam produk ini.

Menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA), melamin telah disetujui untuk digunakan dalam pembuatan berbagai produk termasuk peralatan masak, piring, dan pelapis industri. Badan ini mengatakan bahwa peralatan makan melamin yang terkandung di dalamnya aman untuk digunakan. Namun, FDA menyarankan konsumen untuk tidak memanaskan makanan, terutama yang asam, pada piring melamin.

Jadi, yang perlu Anda ingat, asal tidak dipakai untuk wadah makanan atau minuman panas, serta asam, melamin masih aman digunakan.


[mashshare]

Leave a Reply


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *