Sabtu, 15 Juli 2017 

Duta Sumsel Untuk SMN 2017 Resmi Dilepas


Spektanet.com, Palembang – Sebanyak 20 siswa terpilih Sumatera Selatan resmi dilepas untuk berangkat ke Kalimantan Utara, Sabtu (15/7/2017) malam.

Para siswa yang terpilih ini akan mewakili Bumi Sriwijaya dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2017, yang merupakan rangkaian Program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Sebagai duta bagi daerahnya masing-masing, mereka berkesempatan untuk memperkenalkan potensi daerah mereka. Untuk itu, mereka telah dibekali dengan ilmu pariwisata seni budaya, sejarah hingga kuliner serta ciri khas daerahnya.

“Persiapannya memang cukup mepet, tapi kami yakin bisa menampilkan yang terbaik untuk memperkenalkan Sumsel,” ucap salah satu siswa terpilih, Tri Melani Utami.

Siswi kelas 12 SMAN 1 Banyuasin ini beserta 19 rekannya yang lain telah dibekali sejak Rabu (13/7) lalu. Pada malam pelepasan, ia berkesempatan menunjukkan Tari Tanggai yang telah dipelajarinya sejak pembekalan. Pun demikian rekan-rekannya juga menunjukkan performa seperti menyanyikan lagu daerah.

Program dari Kementrian BUMN kali ini dipegang oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai penanggung jawab program SMN Wilayah Sumsel, bekerja sama dengan PT. Semen Baturaja, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dan Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel.

Menurut Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Boni Syafrian, animo peserta dari tahun ke tahun cukup tinggi sejak pertama kali kegiatan itu diselenggarakan. “Tahun 2015 diikuti sekitar 632 siswa, tahun 2016 diikuti 679 siswa,” ungkapnya ketika diwawancarai.

Ia berharap, para duta SMN Sumsel ini dapat mempromosikan Sumsel di level nasional di depan 33 provinsi lain. Disamping itu, mereka dapat mengembangkan wawasan nasional mereka melalui pertukaran informasi antar pelajar. “Mudah-mudahan kegiatan serupa dapat berlanjut,” tukasnya.

Senada dengan hal diatas, Kepala Biro Hukum BUMN Bastian menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk menguatkan eksistensi BUMN di masyarakat. Melalui agenda ini, BUMN selain memberikan pemahaman tentang Badan Usaha Milik Negara juga membina para bibit muda melalui pertukaran informasi daerah seluruh Indonesia.

“Kita harapkan kedepan karier adik-adik sekalian bakal lebih cemerlang. Siapa tau kalianlah yang akan mengisi jabatan-jabatan penting di BUMN kedepan,” pungkasnya.


[mashshare]

Leave a Reply


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *