Rabu, 7 Januari 2015 

Lima Tips Membelanjakan Uang


SPEKTANET.COM – Untuk bisa memaksimalkan keuntungan dari memiliki uang, tentu kita harus belajar menguasai dan mengatur uang, bukan uang yang mengatur dan menguasai hidup kita. Tidak sedikit masalah keuangan yang timbul akibat kurang atau tidak adanya pertimbangan ketika akan membelanjakan uang.

Pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan bisa mendatangkan kesulitan dan merampas ketenangan. Dikutip dari vivalog berikut ini tips untuk menjaga agar kondisi keuangan kita tetap sehat :

  1. Buat anggaran belanja

Yang dimaksud dengan anggaran belanja bukanlah sekedar catatan tentang apa saja yang akan dibeli. Angaran belanja adalah perkiraan pengeluaran biaya yang tentu saja disesuaikan dengan pemasukan. Anggaran belanja ini akan menolong kita untuk mendisiplin diri dalam membelanjakan uang yang kita miliki.

 

  1. Jangan mudah tergiur diskon

Diskon seringkali mendorong kita berpikir bahwa dengan membeli barang yang didiskon, maka kita sudah menghemat. Misalnya dengan membeli barang yang didiskon 50%  berarti kita sudah menghemat 50%. Sebenarnya akan lebih hemat lagi jika kita sama sekali tidak membelinya. Diskon tidak jarang mendorong kita untuk membeli barang yang sebetulnya tidak atau belum kita butuhkan.

 

  1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Kebutuhan adalah apa yang benar-benar kita perlukan, seperti makanan, tempat tinggal, pakaian, dan kesehatan. Utamakanlah hal-hal tersebut, bila hal-hal tersebut sudah terpenuhi barulah kita berpikir untuk membeli barang atau hal-hal lain.

 

  1. Buanglah gengsi

Ada orang yang demi gengsi akan memaksakan dirinya untuk membeli barang yang cukup mahal atau membeli barang-barang bermerk yang sebenarnya belum terjangkau oleh pendapatannya. Membeli barang-barang murah namun berkualitas bagus adalah pilihan yang lebih bijaksana dalam menghemat keuangan.

 

  1. Bawa uang seperlunya

Uang yang berlebih di dompet atau kartu ATM yang selalu dibawa-bawa seringkali akan menggoda kita untuk membelanjakan atau menghabiskannya. (dp)


[mashshare]

Leave a Reply


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *