Minggu, 14 Juni 2015 

Selain Pertunjukan, Festival Sriwijaya Juga Hadirkan Workshop Wayang Palembang


_IMG_000000_000000

Spektanet.com, Palembang – Workshop wayang kulit Palembang dalam rangkaian kegiatan Festival Sriwijaya, diisi dengan praktek langsung yang dibimbing oleh Kiagus Wirawan Rusdi, Minggu (14/6) siang, di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS), Karang Anyar Gandus.

Saat ini, Kiagus Wirawan Rusdi merupakan satu-satunya dalang wayang kulit Palembang yang masih aktif melakukan aktivitas pementasan dan melestarikan wayang kulit Palembang.

Para peserta yang berasal dari kota Palembang dan juga Kabupaten dari berbagai daerah di Sumsel, mengirimkan perwakilkan masing-masing satu orang untuk diajari praktek wayang kulit Palembang ini.

Naskah yang digunakan untuk praktek kali ini berjudul Bambang Tuseno, kisah karangan asli Palembang yang mengkisahkan tentang seorang anak yang mencari ayahnya.

Naskah ini juga yang akan dikisahkan dalam hiburan wayang kulit Palembang yang berkolaborasi dengan Dul Muluk sebagai salah satu acara hiburan dalam penutupan Festival Sriwijaya hari ini.

“Dengan diadakannya workshop dan edukasi praktek ini semoga kedepannya bisa melahirkan kader-kader baru sebagai penerus pelestari budaya wayang kulit Palembang yang sudah nyaris punah ini,” ungkap Kiagus Wirawan Rusdi.

Dia juga menambahkan, bahwa harapannya yang besar itu semoga membuahkan hasil berupa gerakan nyata dari pihak pemerintah dan dinas kebudayaan setempat agar lebih peduli lagi terhadap peleatarian wayang kulit Palembang. (Ai)


[mashshare]

Leave a Reply


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *